Peluang Lain Bagi Penulis Freelance


Banyak manfaat yang bisa didapat oleh seorang penulis freelance. Selain memeroleh honorarium juga kepopuleran, cukup banyak peluang lain yang bisa kamu dapatkan. Tentu saja sangat bergantung pada profesional atau tidaknya kamu dalam menulis. Semakin berkualitas tulisan yang kamu hasilkan, peluang untuk mendapatkan apresiasi yang lebih juga kian terbuka. Karena itu, kamu mesti menghindari hal-hal yang dilarang bagi penulis freelance.

Ada beberapa peluang yang bisa kamu dapatkan, jika menggeluti dunia kepenulisan secara freelance. Simak uraian berikut ini, ya?

1. Bisa jadi Kolumnis dan Penulis Tetap

Jika tulisan yang kamu hasilkan berkualitas, redaksi media bisa saja mempertimbangkan kamu sebagai seorang penulis tetap. Jika ada isu tertentu, redaksi media akan menghubungimu untuk membuat ulasan atau analisis terkait hal tersebut. Bahkan, bisa saja kamu diberikan space khusus untuk memuat tulisanmu, pada hari-hari tertentu. Biasanya pada akhir pekan saat orang-orang ingin membaca ulasan dengan santai. Jika ini terjadi pada kami, tentu suatu kebanggaan diberikan kepercayaan untuk mengisi rubrik khusus. Inilah berkah yang diperoleh seorang penulis freelance.

2. Direkrut sebagai Jurnalis

Ini juga peluang bagus. Mungkinkah seorang penulis freelance ditarik sebagai jurnalis pada media tertentu? Sangat mungkin. Ini peluang yang bisa kamu raih. Tentu saja, kamu sudah buktikan dengan tulisan-tulisanmu yang berkualitas ketika sebagai penulis freelance. Tulisan yang kamu kirim ke redaksi media tertentu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk merekrut kamu sebagai jurnalisnya atau wartawan di media tersebut. Ini akan menjadi jalur bypass bagi kamu untuk menggeluti dunia jurnalistik. Tentu saja pola rekrutmennya berbeda dengan jurnalis lainnya. Karena kamu sudah membuktikan jika tulisanmu selama menjadi freelance cocok dengan visi dan misi media tersebut. Cukup banyak penulis freelance mencoba melakukan hal ini, rata-rata mereka berhasil menyakinkan redaksi media tersebut. Nah, tunggu apalagi, yuk mulai menjadi penulis freelance.

3. Pemateri pada Acara Seminar atau Pelatihan

Ketika tulisanmu kerap dimuat media, maka para pembaca mengenalmu secara tidak langsung. Mereka akan kenal ide dan gagasanmu lewat tulisan. Hal ini akan membuka peluangmu untuk berkarya lewat jalur lain, misalnya, diundang sebagai pembicara pada seminar, workshop, diskusi grup, hingga pelatihan-pelatihan. Tentu saja ini tidak instan. Perlu perjuangan yang cukup panjang. Caranya cuman satu, rajin membuat tulisan yang berkualitas sehingga dilirik media untuk mempublikasikannya. Diundang sebagai pembicara pada banyak seminar tentu saja mendatangkan cuan. Honorariumnya cukup besar.

4. Tulisan Dikirim untuk Lomba Penulisan

Ini dampak lain dari tulisan yang kamu kirim ke media massa. Dewasa ini, banyak lembaga yang menyelenggarakan lomba penulisan. Sayembara dengan tematik ini kerap menghadirkan hadiah yang menggiurkan. Dan, sering juga, para penyelenggara mensyaratkan tulisan sudah dimuat di media massa baik cetak maupun online. Nah, jika kamu punya hobi menulis, akan sangat baik segera dilakukan sehingga bisa mencari peruntungan ikut dalam lomba penulis.

5. Kumpulan Tulisan Dicetak dalam Buku

Cukup banyak penulis freelance yang mengumpulkan tulisannya kemudian dicetak dalam sebuah buku. Misalnya, kumpulan tulisan opini, kumpulan cerita pendek, hingga antologi puisi. Bahkan, buku kumpulan esai, baik budaya, seni maupun bidang lainnya. Karena, percayalah, tulisanmu sebagai seorang penulis freelance tak akan sia-sia. Ketenaran dan nama besar yang kamu miliki menjadi jaminan bagi penerbit untuk meminta kamu untuk menerbitkan buku. Bagaimana jika kamu tidak terkenal? Sekarang ini menerbitkan buku secara indie juga sudah bisa. Kita tidak perlu menyerahkan naskah kepada penerbit. Kita bisa menerbitkan buku secara mandiri. Penerbit hanya bisa kita pakai untuk mendapatkan ISBN saja. Bahkan, kita bisa membuat lembaga penerbit sendiri sehingga untuk urusan ISBN juga dilakukan sendiri. Di era internet yang sudah 5.0 ini, pengurusan administrasi seperti itu sudah dilakukan secara online.

Mari kita tidak sia-siakan talenta dalam mengembangkan diri lewat dunia kepenulisan. Menjadi penulis freelance adalah satu jalan. Namun, sangat banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari jalan tersebut. Asalkan dilakukan secara serius dan profesional, yakinlah segala usaha tentu akan menghasilkan buah yang berlimpah.

LihatTutupKomentar